Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laptop Gaming Murah di Bawah 8 Jutaan

 

Laptop Gaming Murah di Bawah 8 Jutaan
ACER ASPIRE E5-476G dan ASUS vivo book X505ZA.
Laptop Gaming Murah di Bawah 8 Jutaan - Dunia gaming memang asik dan penuh tantangan. Namun hobi yang satu ini bisa disebut sebagai hobi yang mahal karena untuk bermain game dibutuhkan perangkat yang mumpuni. Perangkat yang digunakan yaitu laptop yang support untuk main game alias laptop gaming.

Laptop gaming harganya terbilang mahal dan biasanya dijual di atas 9 jutaan. Tapi perlu kamu tahu, kini beberapa brand ternama telah memproduksi laptop gaming yang harganya relatif terjangkau. Sebut saja dua brand ternama yaitu ASUS dan ACER. Kedua brand ini memproduksi laptop dengan performa gaming yang bagus tapi harganya di bawah 8 jutaan yaitu ASUS vivo book X505ZA dan ACER ASPIRE E5-476G.

Untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari kedua laptop gaming murah ini sebaiknya perhatikan dulu spesifikasinya. 

Spesifikasi ACER ASPIRE E5-476G
Processor: Intel Core i7 8550U
RAM: DDR4 4GB (hingga 32GB)
Graphics Cards: Nvidia GeForce MX150 2GB
Penyimpanan: HDD 1TB
Layar: 14 inci 1366 x 768
Dimensi: 343 x 248 x 30mm
Baterai: 4-cell Li-ion, 2800 mAh
Berat: 2,1kg

Speifikasi ASUS X505ZA
Processor: AMD RYZEN 5-2500U0
RAM: 4GB / 8GB DDR4 up to 16GB
Graphics Cards: AMD Radeon Vega 3 Graphics
Penyimpanan: HDD 1TB
Layar: 15.6 inci 1366 x 768
Dimensi: 361.4 x 243.5 x 18.9 mm 
Baterai: 3 cell Li-ion, 42WHrs
Berat: 1,6Kg


Processor
ASUS dan ACER menggunakan prosesor yang berbeda. ACER memakai processor dari Intel yaitu intel Kaby Lake R 8th Quad Core i5 8250U, sedangkan ASUS memakai processor AMD Ryzen RS-2500U. Bila dilihat dari segi processor, performa keduanya tergolong sebanding karena tidak ada perbedaan yang signifikan. Jadi, kedua laptop ini memiliki processor yang sama bagusnya.

Graphics Cards
Komponen kedua yang menentukan laptop gaming adalah graphics cards. Dari segi kartu grafik kedua laptop gaming murah ini menggunakan komponen yang berbeda. Acer menggunakan graphics cards dari nVidia GeForce MX150. Sedangkan ASus menggunakan Vega 8. Jadi, jika dilihat dari perbandingan graphics cards, Acer sedikit lebih unggul daripada Asus.

RAM
Di sini ASUS menggunakan RAM 8GB DDR4, dan ACER menggunaka RAM 4GB. Jadi, sudah sangat jelas kalau dibandingkan dari segi RAM, ASUS lebih unggul karena untuk bermain game GTA 5 atau main game-game baru dibutuhkan RAM yang besar, minimum RAM 8GB.

Layar
ACER memakai layar 14 inch sedangkan ASUS dibekali layar 15.6 inch. Kedua laptop ini sama-sama memakai resolusi 1366 x 768. Jadi, sama-sama masih belum full HD. Namun ASUS lebih unggul dengan ukuran layar yang lebih lebar dan cocok untuk main game. 

Storage
Untuk penyimpanan, kedua laptop gaming murah ini sama-sama memakai harddisk 1TB dan keduanya juga sudah terinstal Windows

Kesimpulan 
Kedua laptop gaming murah ini, mana yang paling cocok untuk main game? 
Dari performa ACER memang lebih unggul daripada ASUS. Tapi, ACER memiliki kekurangan dari segi RAM-nya yang terlalu kecil, yaitu 4GB. Tapi masalah ini masih bisa diatasi dengan menambahkan ram yang lebih besar (8GB atau 16GB). 

Kalau kamu memilih ASUS, laptop gaming murah ini memang sudah dibekali dengan RAM yang cukup besar yaitu 8GB. Tapi, Vega-nya enggak secepat ACER. Di sini kekurangan ASUS untuk ke depannya adalah tidak bisa upgrade Vega-nya. 

Jadi buat kalian gamers yang akan membeli laptop gaming murah di bawah 8 jutaan, ACER bisa dimasukkan ke daftar laptop gaming yang akan dibeli. Ini sekadar perbandingan, pilihan ada di tangan para gamer. 

Posting Komentar untuk "Laptop Gaming Murah di Bawah 8 Jutaan"